Tips Atap Bebas Bocor

TIPS ATAP RUMAH BEBAS BOCOR
Atap rumah, atap anti bocor, atap bebas bocor, eksterior, tips
mpnews.makmurproperty.com 26/10/2019,21.00 WIB

Penulis: Dian Suhaili I Editor : Tim Makmur Property
 

Malang, mpnews.makmurproperty.com – Salam. Halo kawan-kawan Makmur Property yang mbois, sehat wal afiyat bukan? Hehee. Mempunyai rumah yang nyaman adalah idaman setiap orang. Apa jadinya bila rumah yang kita tinggali kebocoran. Pasti tidak nyaman bukan? Rumah bocor merupakan salah satu masalah yang kerap kali muncul saat musim penghujan tiba. Walaupun penyebab rumah tak hanya dari atap, namun tak bisa dipungkiri bila atap rumahlah penyumbang kebocoran terbanyak.

TIPS ATAP RUMAH BEBAS BOCOR

1. Perhatikan Kemiringan Atap

Tips Atap Bebas Bocor
Sumber : https://www.instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

Kemiringan atap tidak boleh terlalu landai, batasnya 25 derajat sampai 40 derajat. Kemiringan atap yang sesuai akan mampu menangkal air hujan yang tertiup angin kencang, sehingga meminimalisasi bocor dan dinding rembes. Kemiringan lebih dari 40 derajat berpotensi membuat genting merosot. Jika desain atap mengharuskan dibuat curam lebih dari 40 derajat, genting harus dipaku, atau gunakan jenis atap sirap yang tidak mudah jatuh.

2. Gunakan Pelapis Atap

Gunakan pelapis atap berupa plastik atau alumunium foil di bagian bawah genting. Hal ini dapat membantu air yang masuk kecelah atap mengalir kearah talang. Biasanya hal ini dilakukan setelah adanya genting yang pecah.

3. Cek Rutin Rangka Atap

Pastikan rangka atap dalam kondisi baik. Lakukan pengecekan rutin pada bagian plafon. Jika ditemukan kayu yang sudah mulai lapuk sebaiknya segera ganti dengan kayu baru. Kayu yang lapuk bisa menyebabkan genteng jatuh dan bocor. Rusaknya rangka atap juga membahayakan keselamatan pemilik rumah, apalagi jika diguyur hujan terus menerus.

4. Perhatikan Bubungan Atap

Bubungan atap jangan dibuat terlalu tinggi sebab akan rentan keretakan. Anda harus rutin mengecek bagian ini terutama saat musim hujan. Keretakan kecil saja semisal 1cm dapat menjadi sumber kebocoran atap. Jika ada keretakan segera perbaiki dan tambal dengan mortar dicampur water block. Jika retak besar, segera ganti dengan yang baru.

5. Talang Atap

Pilih ukuran dan bentuk talang yang sesuai dengan debit dan jumlah air. Minimalisasi adanya sambungan pada talang yang bisa meningkatkan potensi kerusakan dan kebocoran. Gunakan jasa tukang talang yang berpengalaman. Bersihkan talang secara rutin agar tidak ada sampah menumpuk yang dapat menghambat saluran air.

6. Gunakan Waterproofing Untuk Atap Beton

Nah, jika melihat atap menggunakan cor beton, pastikan cor-cor an tersebut kering dengan sempurna dan biarkan setidaknya selama sebulan sebelum menambahkan beban berlebihan diatasnya. Jangan lupa tambahkan material berlapis seperti waterproof untuk mencegah rembesan atap. Pastikan seluruh permukaan dak beton dilapisi dengan water block. Perhatikan juga derajat kemiringan, pastikan kemiringan mengarah ketalang air yang ada.

7. Pilih Kualitas Atap Yang Bagus

Rumah baru tapi bocor? Ya memang sering kita mendapati yang demikian. Apalagi kalau membeli rumah KPR subdsidi. Untuk menghindari itu, maka pilihlah kualitas atap yang bagus.  Suatu contoh anda memutuskan menggunakan atap berbahan genteng tanah. Pilihlah genteng yang berkualitas terbaik. Hindari genteng berkualitas buruk yang banyak retaknya. Genteng retak, meskipun retak kecil dapat menyebabkan kebocoran.

Nah, diatas beberapa tips yang dapat kawan-kawan Makmur Property lakukan agar atap rumah terhindar dari kebocoran. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membangun rumah masa depan anda. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *