Perbedaan Carport & Garasi, Carport & Garasi, Carport, Garasi, Desain Eksterior, Desain Eksterior Rumah, MP News, Makmur Property News

Atap merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah, mengingat fungsi atap adalah sebagai pelindung, pemilihan material atap pun harus diperhatikan agar rumah dapat terlindungi dengan baik dan tahan dalam jangka panjang serta segala cuaca. Selain itu, pemilihan material atap yang tepat juga dapat menambah keindahan hunian Anda dari tampak luar. Lalu apa saja material atap yang dapat Anda pilih agar hunian Anda tetap estetik dan terlindungi dengan baik? Simak penjelasannya di bawah ini.

Beda Carport Dengan Garasi
Sumber : instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

PERBEDAAN CARPORT DAN GARASI
Berikut adalah perbedaan carport dan garasi yang harus Anda tahu, yaitu:

  1. Letak dan Struktur

Hal pertama yang seringkali tertukar dari carport dan garasi adalah letak. Carport dan garasi mempunyai letak yang berbeda. Carport bisa terletak di depan, samping atau belakang rumah dan tidak termasuk dari bagian rumah. Carport mempunyai struktur yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan garasi. Hal ini disebabkan karena carport memiliki sisi yang terbuka. Secara sederhana, carport dapat dibangun hanya dengan menggunakan 4 tiang sebagai penopang dan kanopi sebagai pelindung. Hal lain yang menjadi pembeda sekaligus kelebihan dari carport adalah lahan yang lebih kecil dibandingkan garasi. Anda tidak membutuhkan lahan yang berlebih untuk membangun sebuah carport. Bagi Anda pemilik rumah minimalis, hal ini adalah kabar baik bagi Anda. Anda tetap dapat mempunyai carport meskipun rumah Anda minimalis.

Bedanya Carport Dan Garasi
Sumber : instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

Berkebalikan dengan carport yang mempunyai sisi terbuka, garasi bersifat tertutup dan tidak mempunyai sisi terbuka. Garasi mempunyai sifat tertutup dikarenakan lahan dari garasi yang menyatu dengan bagian rumah, lengkap dengan lantai, dinding, dan atap. Sifat yang tertutup tersebut kemudian menjadikan garasi mempunyai perlindungan yang lebih baik dibandingkan carport. Bagi Anda pemilik rumah minimalis mungkin harus mempunyai beberapa pertimbangan untuk membangun garasi dikarenakan garasi membutuhkan lahan yang lebih luas dari carport.

  1. Material

Karena perbedaan letak dan juga sifat masing-masing, maka material yang digunakan pada carport dan garasi juga berbeda. Lantai carport tidak sama dengan garasi. Hal ini disebabkan letak carport yang tidak menyatu dengan rumah. Mengingat letaknya di luar rumah, maka dapat dipastikan bahwa carport akan sering terkena air seperti air cuci mobil dan juga panas matahari. Oleh sebab itu, material yang cocok untuk lantai carport adalah beton dan batu alam. Mengapa? Karena beton plesteran mempunyai sifat kuat untuk menahan beban mobil sedangkan batu alam tidak mudah ditumbuhi jamur dan lumut. Sedangkan material lantai yang cocok untuk garasi adalah keramik dan granit. Tujuannya adalah agar lantai garasi mudah dibersihkan dan terlihat estetik.

, Carport Rumah Minimalis
Sumber : instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

Mengenai material atap, sudah jelas ada perbedaan antara atap carport dan garasi. Atap carport dapat berupa kantilever apabila desain carport menyatu dengan bagian rumah dan pergola apabila desain carport menggunakan tiang penyangga. Material atap carport juga bermacam-macam, seperti dari kayu, besi, dan lembaran fiberglass. Sedangkan garasi tidak mempunyai jenis material atap tertentu mengingat garasi merupakan bagian dari rumah sehingga atap garasi pun sesuai dengan jenis atap rumah Anda.

  1. Biaya Konstruksi

Dilihat dari segi biaya, garasi tentunya membutuhkan biaya yang lebih jika dibandingkan dengan carport. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan luas dan material garasi itu sendiri. Lahan yang luas tersebut yang membuat anggaran pembangunan garasi menjadi lebih besar daripada carport. Untuk satu ruangan garasi saja, Anda dapat menghabiskan dana hingga puluhan juta. Pastinya bukan jumlah yang sedikit. Apalagi jika Anda mempunyai lebih dari satu kendaraan, tentu Anda juga harus menambah anggaran untuk pembangunan garasi Anda. Namun, biaya yang tidak sedikit tersebut juga berbanding lurus dengan keamanan dan perlindungan yang didapat.

Garasi Rumah Minimalis
Sumber : instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

Berbeda dengan garasi, karena mempunyai sisi terbuka, maka biaya pembangunan sebuah carport lebih sedikit jika dibandingkan dengan garasi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat membangun carport hanya dengan menggunakan 4 tiang dan kanopi. Kanopi tersebut nantinya akan melindungi kendaraan Anda dari panas dan hujan. Anda juga tidak membutuhkan pintu karena letak carport yang langsung bersentuhan dengan pagar rumah Anda. Konstruksi carport yang sederhana tersebut tidak memerlukan biaya yang berlebih seperti garasi. Bahkan kini banyak dijual carport kit yang dapat Anda rangkai sendiri dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
Bagaimana? Anda sudah tahu perbedaan carport dan garasi, kan? Jangan tertukar lagi antara kedua istilah itu, ya! Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *