Ventilasi Rumah, Ventilasi Udara, Manfaat Ventilasi, Jenis Ventilasi, Ventilasi-Ventilasi Rumah, Angin-Angin Rumah

Manfaat ventilasi udara, sirkulasi udara, kelembapan rumah, ventilasi rumah yang baik, desain arsitektur rumah

 Mpnews.makmurproperty.com 29/02/2020, 18.15 WIB

Penulis: Dian Suhaili | Editor : Tim MP News

 

Malang, Mpnews.makmurproperty.com Salam. Halo kawan-kawan MP News yang mbois, sehat-sehat, kan? Hehee. Apakah rumah Anda sering terasa pengap? Atau seringkali bau tidak sedap lama bersarang di dalam rumah? Wah, itu adalah salah tanda sirkulasi udara di rumah Anda kurang baik. Bagaimana cara mengatasinya? Ventilasi! Ya, ventilasi memang menjadi bagian yang harus ada di setiap rumah tinggal. Mungkin, bagi sebagian orang ventilasi adalah hal sepele mengingat bentuknya yang kecil dan biasa terdapat di atas pintu. Tapi jangan salah, ventilasi ternyata mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting bagi rumah Anda. Anda tidak boleh menyepelekan fungsi dari ventilasi ini. Apa saja sih fungsi dari ventilasi? Jawabannya ada di uraian berikut ini.

Ventilasi Rumah, Ventilasi Udara, Manfaat Ventilasi, Jenis Ventilasi, Ventilasi-Ventilasi Rumah, Angin-Angin Rumah
Sumber: instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

 

PENTINGNYA VENTILASI UNTUK RUMAH ANDA

Berikut adalah uraian mengapa ventilasi sangat penting untuk rumah Anda, diantaranya:

  1. Sebagai Tempat Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara merupakan proses pertukaran atau keluar masuknya udara dari luar ke dalam rumah atau sebaliknya. Sirkulasi udara dalam rumah terjadi melalui ventilasi. Sirkulasi udara yang baik akan berdampak pada kualitas udara dalam rumah yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan penghuni rumah. Bagian rumah yang harus Anda perhatikan dan harus ada ventilasi adalah dapur dan kamar mandi. Kedua ruangan tersebut merupakan ruangan dengan kelembapan yang cukup tinggi sehingga dibutuhkan ventilasi yang cukup. Sirkulasi udara di kedua ruangan tersebut harus lebih Anda perhatikan agar selalu terjaga dengan baik.

Ventilasi Rumah, Ventilasi Udara, Manfaat Ventilasi, Jenis Ventilasi, Ventilasi-Ventilasi Rumah, Angin-Angin Rumah
Sumber: instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

Apabila sirkulasi udara di rumah Anda buruk, maka penghuni rumah yang berisiko terkena dampaknya adalah anak-anak. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh anak yang masih lemah dan sedang dalam masa perkembangan. Anak pun dapat terjangkit flu, infeksi saluran pernapasan, dan bahkan penyakit paru-paru. Bagi Anda yang sudah memiliki anak, Anda harus pertimbangkan hal ini baik-baik dengan memasang ventilasi rumah sebaik mungkin.

 

  1. Mengurangi Polusi

Polusi tidak hanya berasal dari luar rumah, namun juga bisa berasal dari dalam rumah Anda. Sebagai contoh, polusi yang berasal dari dalam rumah adalah asap rokok dan asap dapur. Sebagai contoh, uap yang dihasilkan minyak goreng cukup berbahaya bagi pernapasan sehingga uap tersebut harus dikeluarkan agar dapat menyebar ke udara bebas di luar rumah. Polusi tersebut dapat dikurangi dengan adanya ventilasi yang membuat udara di dalam rumah berganti dengan udara yang masuk dari luar. Ventilasi akan membuat udara bersih masuk ke dalam rumah dan tidak menyisakan udara kotor di dalamnya. Perlu diketahui bahwa kualitas udara yang buruk akan menjadi pemicu penyebaran penyakit menular yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Atas dasar hal tersebut, maka ventilasi pun diperlukan agar kualitas udara dalam rumah tetap terjaga dengan baik.

 

  1. Mengurangi Kelembapan dan Kepengapan Rumah

Selain sebagai tempat keluar masuknya udara, ventilasi juga berfungsi untuk mengurangi kelembapan di dalam rumah. Ventilasi dapat menjaga rumah dari kelembapan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri yang ada di dalam rumah.  Jamur dan bakteri tersebut dapat tumbuh di perabotan kayu misalnya lantai kayu, meja kayu, dan perabotan kayu lainnya karena udara yang lembap. Hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan Anda dan keluarga. Tumbuhnya jamur di dalam rumah dapat menyebabkan sakit kepala, demam, dan alergi dengan gejala hidung meler, iritasi mata gatal dan kemerahan, bersin-bersin serta tenggorokan gatal.

Ventilasi Rumah, Ventilasi Udara, Manfaat Ventilasi, Jenis Ventilasi, Ventilasi-Ventilasi Rumah, Angin-Angin Rumah
Sumber: instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

Tidak hanya kelembapan, ventilasi juga berfungsi untuk mengurangi kepengapan dalam rumah. Rumah akan terasa pengap apabila tidak ada ventilasi. Kepengapan sendiri disebabkan karena tidak seimbangnya kadar oksigen dan karbondioksida di dalam rumah. Lalu, apa akibatnya jika kadar oksigen dan karbondioksida tidak seimbang? Akibatnya adalah penghuni rumah dapat terkena infeksi pernafasan. Tidak seimbangnya kadar oksigen dan karbondioksida menjadi pertanda bahwa proses sirkulasi tidak lancar.

 

  1. Memberikan Kehangatan dalam Rumah

Rongga ventilasi bukan hanya sebagai tempat keluar masuknya udara, namun juga cahaya matahari. Cahaya matahari yang masuk akan memberikan kehangatan ke dalam rumah. Rumah yang hangat akan terasa nyaman untuk ditinggali. Selain memberi kehangatan, cahaya matahari juga dapat mengusir gelap dan pengap dikarenakan cahaya matahari akan membuat ruangan Anda menjadi lebih terang. Bagi Anda yang sedang membangun rumah, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lantai kayu sebagai interior rumah Anda. Lantai kayu dikenal dapat menyesuaikan suhu dan cuaca sehingga rumah Anda selalu hangat.

 

Nah begitulah penjelasan mengapa ventilasi penting bagi rumah Anda. Bagi Anda yang sedang dala, proses membangun rumah, jangan menyepelekan ventilasi. Tentunya Anda tidak mau jika rumah yang akan Anda tempati terasa pengap, bukan? Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk Anda. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *