makmur property, mp news, rangka atap, kerangka atap, jenis material rangka atap

mpnews.makmurproperty.com 28/10/2021, 10.30 WIB

Penulis: Kunanti Windu Palupi | Editor : Tim MP News

 

Malang, mpnews.makmurproperty.com – Salam. Hai sobat faMP, pernah memperhatikan secara seksama atap rumah Anda? Terbuat dari apa kerangkanya? Atap sendiri berfungsi untuk melindungi penghuni dan interior rumah dari berbagai gangguan seperti panas matahari, hujan, gangguan hewan, dan lain-lain. Oleh karenanya atap menjadi faktor krusial dalam sebuah rumah. Kekokohan atap juga bergantung pada kekuatan rangka atap. Rangka atap ini berfungsi sebagai penahan beban dan penopang material atap.

Berbeda dari beberapa tahun silam dimana pembuatan rangka atap didominasi oleh kayu. Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi pilihan material atap kian beragam. Berikut beberapa uraian mengenai jenis material atap lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya:

1. Kerangka Atap dari Kayu

Dulu, kayu menjadi pilihan favorit untuk membuat rangka atap. Sifatnya yang mudah dibentuk, cuztomizable dan proses pengerjaan relatif cepat menjadi dasar utama pemilihan material ini. Namun saat ini, harga kayu berkualitas semakin mahal yang menyebabkan orang beralih ke material lain. Perlindungan khusus juga diperlukan agar rangka atap kayu terhindar dari kelembapan, jamur, serangga dan kelapukan. Kekurangan lainnya yaitu kayu tidak tahan terhadap perubahan suhu, cepat menjalarkan api ketika terjadi kebakaran, membuang banyak material dan membutuhkan finishing anti rayap. Rangka atap dari kayu bisa dibentuk menjadi bermacam-macam. Namun yang paling sering digunakan yaitu bentuk atap miring atau segitiga.

2. Kerangka Atap dari Bambu

Sama seperti rangka atap kayu, dulu bambu menjadi material yang paling sering dipakai. Penggunaanya pun sering dikombinasikan dengan material kayu. Saat ini, material bambu banyak digunakan untuk menciptakan kesan natural pada suatu bangunan entah pendopo, rumah, gazebo, dan lain sebagainya. Bila menggunakan material ini, sobat faMP perlu melakukan perawatan secara berkala karena sifatnya yang rawan rayap dan mudah lapuk.

Baca Juga : Jenis Material Atap Untuk Hunian Anda

3. Kerangka Atap dari Beton Bertulang

Material rangka atap ini bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan sobat faMP. Bentuk miring, datar, kubah atau yang lainnya bisa dibuat. Bahan yang diperlukan untuk membuat rangka beton bertulang ini yaitu semen, batuan split, pasir kemudian dicetak dengan tulang baja. Keunggulan rangka atap ini yaitu anti rayap, anti karat, lambat dalam menjalarkan api, tidak memuai dan menyusut, dan perawatannya lebih mudah. Kekurangan dari material ini yaitu sangat berat sehingga membutuhkan struktur bangunan yang kuat untuk menopangnya. Selain itu, seringkali ukuran kurang presisi, pengerjaan rumit dan relatif lama, memerlukan finishing plester aci dan membuang banyak bahan. Butuh banyak waktu untuk membuat cetakan, memasang kerangka baja dan menunggu beton kering.

4. Kerangka Atap dari Baja

Sobat faMP, material ini memiliki bentangan panjang dan kuat sehinggga cocok digunakan untuk bangunan besar seperti pabrik, gudang penyimpanan, sarana olahraga dan lain – lain. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diaplikasikan di hunian Anda. Bila dibandingkan dengan rangka beton, material baja ini lebih ringan. Keunggulan rangka atap ini diantaranya anti rayap, lambat dalam menjalarkan api, pemasangan cepat dan mudah, tidak mengalami pemuaian dan penyusutan, tidak perlu melakukan perawatan terlalu sering dan waste sedikit material. Sedangkan, harga yang relatif mahal dan kurang tahan karat menjadi kekurangan dari material ini. Namun sobat faMP bisa menyiasatinya dengan memberikan finishing anti karat dengan kualitas baik.

Baca Juga : Tips Atap Rumah Bebas Bocor

5. Kerangka Atap dari Baja Ringan

Baja ringan merupakan material rangka atap yang paling ringan. Jenis material ini banyak digunakan di rumah tinggal, villa, perkantoran dan lain – lain. Rangka atap baja ringan sudah memiliki profil dan bentuk yang sudah paten. Sehingga akan sulit ketika sobat faMP ingin membuat bentuk bangunan yang unik. Selain itu, perlu benar-benar memperhitungkan semua beban. Untuk perhitungan dan pemasangannya inipun sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. Keunggulan dari jenis material ini yaitu memiliki ketahanan yang baik terhadap karat dan rayap. Selain itu, baja ringan juga tahan api, tidak muai susut, pemasangan mudah dan cepat, serta membuang material paling sedikit.

Rangka atap di rumah sobat faMP terbuat dari material apa? Atau diantara sobat faMP ada yang lagi bangun rumah? Semoga artikel ini bisa jadi inspirasi ya. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *