Inspirasi Ruang Bermain Anak, Desain Ruang Bermain Anak, Tips Desain Ruang Bermain Anak, Runag Bermain Anak, Ruang Bermain Anak Indoor,

Ruang bermain anak, kamar bermain, ruang bermain anak indoor, inspirasi ruang bermain anak, desain interior

 Mpnews.makmurproperty.com 26/10/2019, 21.00 WIB

Penulis: Dian Suhaili | Editor : Tim MP News

 

Malang, Mpnews.makmurproperty.com Salam. Halo kawan-kawan MPNews yang mbois, sehat wal afiyat bukan? Hehee. Membuat ruangan bermain anak yang nyaman termasuk gampang-gampang susah. Harus memperhatikan detail-detail ruangan.

Anak yang masih dalam masa perkembangan tentunya memerlukan ruang untuk bermain. Sesuai kata pepatah, dunia anak adalah dunia bermain. Bermain menjadi kegiatan si kecil untuk mengembangkan diri. Lewat bermain, sang anak akan belajar sekaligus bisa bebas bereksplorasi.

 

Oleh karena itu, banyak orang tua yang membuat ruang bermain untuk anak di rumah. Tidak hanya sekadar ruangan dengan penuh boneka ataupun mainan, desain ruang anak juga soal keamanannya.  Jika salah dalam mendesain ruang bermain anak, bukan tidak mungkin ruang tersebut menjadi tempat yang berbahaya untuk si kecil.

 

Ruang bermain anak tidak harus didesain mewah, namun harus ideal sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan faktor keamanan. Memastikan keamanan ruang bermain anak bisa dimulai dari pemilihan material, furnitur, layout ruang bermain, dan pemilihan perabot/aksesori yang tidak mengganggu kesehatan atau mencelakakannya.

Inspirasi Ruang Bermain Anak, Desain Ruang Bermain Anak, Tips Desain Ruang Bermain Anak, Runag Bermain Anak, Ruang Bermain Anak Indoor,
Sumber : https://www.instagram.com/fifimakmurpropertymalang/

BERIKUT TIPS MEWUJUDKAN RUANG BERMAIN ANAK YANG AMAN. 

Ada beberapa tips yang dapat mewujudkan tempat bermain anak yang aman yaitu:

1. Perhatikan Material

Material perabot dan elemen interior di ruang bermain anak berkaitan dengan pelapis (finishing) dan cat dinding. Jika ingin membuat perabot sendiri secara custom, pastikan material dan cat pelapisnya dari bahan yang aman dan ramah lingkungan. Di pasaran, sudah banyak pelapis duco yang tidak berbau dan bebas formaldehyde. Begitu pun cat dinding, pilih yang rendah VOC (volatile organic compound) agar aman disentuh anak dan mudah dibersihkan.

Lalu juga soal material yang dilihat dari kekerasannya. Yang aman untuk anak-anak tentu saja yang tidak keras dan memiliki sudut-sudut tajam. Pilih furnitur yang terbuat dari material aman untuk anak, misalnya kayu atau polypropylene plastic. Selain aman, material ini pun mudah untuk dibersihkan. Untuk kursi, ada baiknya memilih kursi dengan balutan kain dan bantalan empuk.

 

2. Ukuran Furnitur yang Tepat

Berbagai macam furnitur untuk desain ruang anak tentunya harus dipilih dengan teliti dan cermat. Minimal ada 2 poin yang perlu diperhatikan dalam memilih furnitur di ruang bermain anak yaitu dari segi desain dan ukuran. Tubuh anak-anak yang masih kecil akan lebih nyaman berkegiatan dengan furnitur yang memiliki ketinggian yang bisa dijangkau anak. Oleh karena itu, sesuaikan furnitur dengan ukuran si kecil. Pilihlah furnitur yang stabil dan kokoh saat diinjak dan dinaiki anak. Tak hanya itu, hindari furnitur berongga karena dikhawatirkan bisa dimasuki tangan anak dan menyangkut.

 

3. Pilihan Aksesori

Sama dengan ruang lainnya di rumah, ruang bermain si kecil juga perlu ditambahkan beberapa aksesoris sebagai pemanis.  Namun, pemilihan aksesoris untuk desain ruang anak pun tetap harus penuh pertimbangan. Perabot aksesoris pastikan tidak memiliki sudut atau bidang tajam. Cari aksesoris dengan ujung membulat dan tidak terbuat dari bahan yang mudah berkarat. Jika ruang bermain harus berkarpet, pastikan menggunakan karpet dengan bulu-bulu yang tidak mudah copot terlebih bagi anak yang memiliki alergi.

 

 4. Memilih Mainan di Dalam Ruangan Bermain

Membangun rumah mini untuk si kecil bisa anda lakukan untuk membangun kreativitas dan pikiran mereka tentang bagaimana mengurus rumah. Selain bermain dengan mainan, anak-anak juga senang membaca buku dan melukis maka itu anda bisa melengkapi ruangan bermain dengan pojok belajar. Letakkan rak untuk menyimpan berbagai buku kesukaan si kecil dan juga meja mini tempat mereka menulis, menggambar, atau ,membaca. Hindari membeli mainan berbahaya seperti benda bersudut dan bersisi tajam, cat plastik yang mudah luntur, atau mengandung cairan berbahaya.

 

Nah, itu tadi bisa menjadi referensi ketika ingin mendesain ruangan untuk si kecil. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati. J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *