MP News Makmur Property, Tips Menjaga Dapur Rumah, Dapur Rumah, Agar Dapur Rumah Rapi, Menata Dapur Rumah

mpnews.makmurproperty.com 08/11/2021, 11.00 WIB

Penulis: Kunanti Windu Palupi | Editor : Tim MP News

 

Malang, mpnews.makmurproperty.com – Salam. Hai sobat faMP, apa kabar? Sehat selalu ya. Oiya sobat faMP, dapur berpotensi menjadi salah satu tempat terkotor di dalam rumah utamanya dibagian wastafel dan tempat cuci piring. Sebagai area yang digunakan untuk memasak, kebersihan area dapur harus terus diperhatikan. Tentunya agar makanan yang disajikan untuk keluarga tercinta bebas dari kontaminasi kuman dan bakteri. Apalagi proses membersihkan dapur dengan baik dan efisien tidaklah sulit. Langsung saja simak tips menjaga kebersihan dapur rumah berikut ini yuk:

1. Cuci peralatan dapur setelah digunakan

Setelah menggunakan peralatan dapur untuk memasak, sebaiknya langsung dibersihkan untuk menghindari perkembangan kuman dan bakteri. Selain itu, bersihkan juga kompor dan area dimana sobat faMP memotong sayuran dan daging ya.

2. Ganti spons cuci piring secara berkala

Spons cuci piring merupakan benda yang sangat rentan menjadi sarang perkembangan kuman dan bakteri. Karena spons bersentuhan langsung dengan kotoran yang menempel pada piring, sendok maupun perangkat dapur lainnya. Benda ini termasuk benda yang sulit dibersihkan, sehingga ada baiknya diganti secara berkala minimal 2 minggu sekali. Peralatan dapur lain seperti lap piring, lap pengering tangan dan celemek juga sebaiknya dicuci seminggu sekali.

Baca Juga : Tips Membuat Dapur Anda Menjadi Lebih Cantik

3. Masak makanan hingga sepenuhnya matang

Sobat faMP, makanan yang tidak dimasak hingga matang berisiko menjadi sarana penularan penyakit. Berbagai mikroorganisme dapat tertinggal pada makanan yang tidak dimasak matang. Akibatnya, sobat faMP bisa keracunan atau mengalami gangguan kesehatan lainnya. Oleh karenanya, pastikan sobat faMP mencuci bersih bahan makanan dan memasaknya hingga matang sepenuhnya ya.

4. Buang sampah secara rutin

Apakah sobat faMP memiliki kebiasaan membuang sampah setelah tempat sampah penuh? Bila iya, ubah kebiasaan ini agar area dapur bebas dari bau tak sedap serta mengurangi risiko penyebaran penyakit dari sampah dapur.

Baca Juga : Ini Dia Manfaat Memiliki Taman di Rumah

5. Bersihkan meja dan lantai dapur

Selain peralatan, meja dan lantai dapur jangan sampai luput dari perhatian sobat faMP ya. Bersihkan meja secara rutin dengan menggunakan disinfektan dan untuk lantai sering-sering disapu dan dipel ya.

6. Rajin cuci tangan

Sebelum beraktivitas di dapur, cucilah tangan sobat faMP dengan sabun dan air mengalir dulu ya. Hal ini untuk mencegah kontaminasi kuman yang kita bawa ke area dapur. Mencuci tangan juga harus dilakukan ketika sobat faMP selesai beraktivitas di dapur.

7. Bersihkan seluruh bagian kulkas

Sebagai tempat untuk menyimpan makanan, kulkas juga berpotensi menjadi sarang perkembangan bakteri dan kuman loh. Bersihkan kulkas sobat faMP secara berkala ya, minimal 2 minggu sekali. Perhatikan juga cara menyimpan makanan. Untuk daging taruh di freezer dan gunakan wadah atau toples untuk menyimpan bahan makanan agar kulkas tetap bersih dan rapi.

8. Gunakan papan pemotong yang berbeda

Papan pemotong bisa mengandung bakteri 3 kali lebih banyak daripada jumlah bakteri di permukaan tempat duduk toilet. Oleh karenanya, gunakan papan pemotong yang berbeda untuk daging, sayur dan buah. Hal ini untuk menghindari adanya kontaminasi silang antar bahan makanan.

Baca Juga : Manfaat Pencahayaan Alami di Dalam Rumah

9. Sirkulasi udara di dapur

Pastikan sirkulasi udara di dapur sobat faMP lancar ya. Ruangan yang lembab akan mempercepat perkembangan bakteri dan kuman. Sobat faMP juga bisa menambahkan cooker hood agar sirkulasi udara lebih lancar.

Itulah 9 tips menjaga kebersihan dapur rumah sobat faMP. Mudah bukan? Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *