pentingnya fasad depan rumah, inspirasi desain rumah, rumah kekinian, rumah di kota malang, aksitektur rumahpentingnya fasad depan rumah, inspirasi desain rumah, rumah kekinian, rumah di kota malang, aksitektur rumah

mpnews.makmurproperty.com 20/10/2022, 12.00 WIB

Penulis: Rhema Granaldi T | Editor: Tim MP News 

Malang, mpnews.makmurproperty.com – Salam. Halo sobat faMP, kali ini kita akan sharing tentang pentingnya fasad depan rumah. Menurut sobat faMP, apa saja pentingnya fasad depan sebuah rumah? Boleh dong sharing di kolom komentar. Fasad adalah bagian depan sebuah bangunan, bagian yang pertama kali dilihat orang ketika mendekati sebuah bangunan. Desain dan bahan fasad sering kali memberikan kesan terbesar bagi orang yang melihatnya. Fasad bangunan dapat terdiri dari batu bata, batu, kaca, marmer atau kayu. Setiap bahan memiliki karakteristik uniknya sendiri yang membantu menentukan estetika bangunan. Misalnya, beberapa bahan lebih mudah dibersihkan, sementara yang lain lebih rentan terkelupas atau pudar. Tampilan sebuah fasad mencerminkan selera pemilik rumah.



Banyak fasad tampak spektakuler namun hanya untuk tujuan estetika semata. Padahal menurut beberapa sumber, fasad sendiri memiliki banyak fungsi penting selain merepresentasikan konsep sebuah rumah. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dan tujuan sebuah fasad rumah nih sobat faMP :

  1. Fasad Menjadi Elemen Visual Pertama yang Diamati Banyak Orang

Menjadi muka atau wajah dari sebuah bangunan, maka fasad menjadi elemen pertama yang dilihat serta dinilai oleh orang yang melihatnya. Oleh karenanya, fasad akan menimbulkan berbagai macam kesan dan persepsi terhadap suatu bangunan.

Sebagai elemen pertama yang ditangkap secara visual, maka fasad dapat digunakan pula sebagai patokan untuk dapat memberikan gambaran kepada orang lain mengenai letak dari suatu rumah atau bangunan tertentu.

Baca Juga : 5 Keuntungan Investasi Properti

  1. Fasad Dapat Menunjukan Pesan atau Gaya dari Sebuah Arsitektur

Adanya fasad menjadi komponen terpenting dalam desain bangunan atau rumah. Fasad juga dapat menunjukan identitas dari arsitektur rumah maupun bangunan. Sebagai salah satu elemen estetis dari sebuah rumah, fasad seringkali dapat menggambarkan identitas arsitektur yang dijadikan point of interest. Selain itu, fasad juga mempresentasikan keunikan maupun karakteristik dari gaya arsitektur suatu bangunan atau rumah.




Baca Juga : Jenis Jenis Plafon Rumah yang Sering Digunakan

  1. Menjadi Cerminan Tata Ruang Suatu Bangunan atau Rumah

Fasad dapat menunjukan kesan, karakter, keunikan, dan keindahan dari bangunan. Oleh sebab itu, sebaiknya desain fasad harus padu antara konsep desain serta struktur ruang di dalam suatu bangunan atau rumah.

Ketika sobat faMP merancang fasad  bangunan, sebaiknya dibentuk standarisasi yang memiliki hubungan dengan keselamatan, keamanan, kenyamanan hingga kesehatan dari penghuni rumah tersebut.

Baca Juga : 11 Biaya Tambahan Saat Beli Rumah

  1. Memiliki Nilai Komersil

Tidak hanya sebatas pada estetika yang tampak dari luar bangunan saja, namun fasad juga memiliki nilai komersial dari suatu bangunan. Ketika akan menjual rumah, maka calon pembeli akan memerhatikan bagian fasad terlebih dahulu. Sehingga, kebanyakan bangunan komersil seperti hotel, gedung kantor, apartemen, pasar modern, menganggap bahwa fasad akan membawa pengaruh yang signifikan pada suatu bangunan.



Baca Juga : Cara Merawat Dinding Batu Alam

  1. Fasad Memiliki Fungsi Ketahanan

Selain memiliki nilai estetika, fasad rumah juga berfungsi untuk melindungi bagian rumah. Material dan konsep yang diterapkan pada fasad rumah, biasanya dapat tahan menghadapi berbagai macam perubahan cuaca. Oleh karena itu, selain estetis, fasad seharusnya juga didesain tanpa mengesampingkan nilai-nilai serta fungsi sesungguhnya.

Baca Juga : Mengapa Harus Memilih Kanopi Baja Ringan

Itulah beberapa poin pentingnya sebuah fasad sebuah rumah nih sobat faMP. Gimana nih, sudah paham pentingnya sebuah fasad dari sebuah rumah? Semoga bermanfaat. Salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *