Perawatan Baja Ringan, Kekurangan Baja Ringan, Tips Arsitektur, Makmur Property, Kanopi Baja Ringan

mpnews.makmurproperty.com 18/10/2021, 09.42 WIB

Penulis: Muchamad Sulton Irwinsyah | Editor : Tim MP News

 

Malang, mpnews.makmurproperty.com – Salam. Sobat faMP, baja ringan atau biasa disebut galvalum mulai menjadi pilihan pengganti kayu sebagai penopang bagian atas rumah. Dalam beberapa tahun terakhir, kepopulerannya membuat orang mulai meninggalkan jenis atap konvensional yang terbuat dari kayu atau tripleks. Baja ringan memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah tahan terhadap karat.

Meskipun tahan karat, bukan berarti material ini tidak bisa berkarat. Sangat diperlukan upaya agar baja ringan tidak cepat berkarat ya sobat faMP. Mau tahu apa saja? Yuk simak Tips Agar Baja Ringan Tidak Berkarat :

1. Tergores alat kerja

Ketika baja ringan tergores, otomatis akan berhubungan langsung dengan oksigen. Proses oksidasi antara oksigen dan zat kimia baja itulah yang kemudian menimbulkan karat. Ketika terjadi kerusakan akibat goresan atau salah potong dan sebagainya, sebaiknya cepat dilakukan pelapisan ulang dengan menggunakan cat anti-karat. Untuk pencegahan lebih lanjut, kurangi kesalahan dalam pemasangan baja ringan agar tidak menimbulkan banyak goresan.

Baca Juga : 6 Keuntungan Memakai Atap Galvalum

2. Larutan asam

Cairan atau larutan yang bersifat asam sangatlah reaktif ketika bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Akibatnya akan terjadi pengelupasan pada coating (lapisan anti karat) yang mampu menimbulkan karat pada baja ringan. Larutan asam ini pada umumnya ada pada produk-produk pembersih lantai ataupun keramik. Oleh sebab itu, baja ringan harus berada di tempat yang jauh dari keberadaan larutan tersebut.

Baca Juga : Cara Pemasangan Atap baja Ringan




3. Hujan dan panas

Meskipun baja ringan terkenal sebagai material yang kuat tapi pada dasarnya baja ringan bukanlah material yang diciptakan untuk tahan terhadap terpaan hujan dan panas secara masif. Cuaca yang kerap tak menentu cepat atau lambat dapat menggerus daya tahan lapisan anti karat di baja ringan. Imbasnya, proses korosi akan lebih cepat terjadi.

Baca Juga : Mengapa Harus Memilih Kanopi Baja Ringan ?

4. Air Semen

Menempelnya air semen pada permukaan baja ringan akan menghasilkan reaksi kimia dan berpotensi merusak lapisan anti karat. Ini khususnya untuk jenis baja ringan dengan lapisan anti karat berjenis zinc (galvanis).

4 hal diatas merupakan Tips Agar Baja Ringan Tidak Berkarat ya sobat faMP.  Semoga artikel ini bisa jadi inspirasi ya. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *