Jenis Jenis Ubin, Contoh Ubin, Contoh Gambar Ubin, Contoh Ubin Dapur, Material Ubin, Bahan Ubin Lantai,

Jenis ubin lantai, material ubin, ubin rumah, macam ubin lantai, arsitektur

Mpnews.makmurproperty.com 26/02/2020, 16.20 WIB

Penulis: Dian Suhaili | Editor : Tim MP News

 

Malang, Mpnews.makmurproperty.com Salam. Halo kawan-kawan MPNews yang mbois, sehat-sehat, kan? Hehee. Ubin menjadi salah satu bagian rumah yang harus diperhatikan dan tidak bisa asal dalam memilihnya. Fungsi ubin sendiri adalah sebagai penutup lantai dan/atau dinding rumah. Seiring berjalannya waktu, ubin juga dapat menambah nilai estetika rumah Anda. Selain itu, ubin juga merupakan representasi dari konsep rumah Anda secara keseluruhan. Anda juga dapat mengekspresikan kreativitas Anda dengan mengkombinasikan ubin sebagai bagian rumah Anda. Tentu saja ada banyak jenis ubin yang masing-masing jenisnya memiliki karakteristik dan ciri khasnya sendiri. Namun, ada beberapa jenis ubin yang biasa digunakan dan dipilih. Apa saja jenis ubin yang biasa digunakan dan dipilih kebanyakan orang? Simak infonya berikut ini.

 JENIS UBIN YANG BIASA DIGUNAKAN

Berikut adalah jenis-jenis ubin yang sering dipilih dan digunakan, yaitu:

1. Ubin Tegel

Jenis ubin yang biasa digunakan adalah ubin tegel. Ubin ini terkenal dengan motifnya yang klasik tradisional dengan warna yang menyala namun harga terjangkau. Ubin ini identik dengan ubin pada masa kolonial. Ubin tegel memiliki bobot yang lumayan berat mengingat ubin tegel terdiri dari campuran pasir beton, semen, dan aci pada bagian atasnya.

Ubin tegel cocok untuk diaplikasikan pada ruang tamu maupun kamar tidur. Hal ini karena ubin tegel terasa sejuk ketika diinjak dengan kaki telanjang. Rasa sejuk tersebut yang kemudian menjadikan ruangan semakin nyaman. Ubin tegel tergolong sebagai jenis ubin yang awet dan perawatan yang sederhana namun diperlukan ketelitian pada saat pemasangannya. Untuk membersihkan ubin tegel, Anda hanya perlu mengepelnya dan memastikan bahwa ubin tidak terkena cairan asam yang nodanya sulit dibersihkan.

2. Ubin Keramik

Ubin keramik adalah jenis ubin yang familiar di telinga Anda, bukan? Ya, ubin keramik merupakan salah satu jenis ubin yang populer dan biasa digunakan di Indonesia. Ubin ini tersedia dalam banyak varian, baik warna, bentuk, tekstur, dan pola. Harga yang ditawarkan untuk jenis ubin ini juga cukup terjangkau. Ubin keramik dibuat dari tanah liat yang kemudian dilapisi glasur untuk menciptakan warna, tekstur, dan pola tertentu. Keramik yang sudah dipoles akan menciptakan kesan mengkilap yang menjadi keunikan keramik itu sendiri.

Ubin keramik biasa dipilih dan digunakan sebagai penutup lantai. Namun, sebenarnya penggunaan ubin keramik ini tidak terbatas untuk lantai saja, lho. Ubin keramik juga dapat dipasang pada dinding, plafon, countertops dapur, backsplash dapur hingga kamar mandi. Ubin ini juga banyak dipilih karena memiliki karakter sejuk dan tidak meneruskan panas. Mengenai pemasangan, ubin keramik termasuk ubin yang dapat dipasang dengan mudah tanpa proses yang sulit. Hal tersebut karena sifat keramik yang mudah dipotong dan diaplikasikan pada bidang. Untuk perawatannya, Anda hanya perlu membersihkan ubin dari debu dengan cara menyapu dan mengepelnya secara berkala. Oleh sebab itu, tidak heran apabila ubin keramik banyak dipilih orang.

3. Ubin Porselen

Ubin porselen memiliki karakteristik yang mirip dengan ubin keramik. Sama dengan ubin keramik, ubin porselen juga memiliki permukaan yang mengkilap. Bedanya adalah kilap pada ubin porselen lebih cerah dibandingkan dengan ubin keramik. Permukaan yang mengkilap tersebut menjadi salah satu daya tarik dari ubin porselen. Perbedaan lain dengan ubin keramik adalah bahan utama penyusunnya. Bahan utama penyusun ubin porselen adalah tanah lempung. Berbanding terbalik dengan ubin keramik, ubin porselen memiliki sifat sulit dipotong dan digunakan secara custom.

Seringnya, ubin porselen diproduksi dalam ukuran yang besar sehingga ubin ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki rumah dengan area yang cukup luas. Ketahanan ubin porselen termasuk baik namun hanya di area-area tertentu saja. Ubin porselen tidak dapat ditempatkan di area yang terlalu panas atau terlalu dingin. Apabila ditempatkan di area tersebut, ubin porselen akan mudah rusak dan pecah. Ada beberapa area sebagai tempat aplikasi ubin porselen yaitu lantai rumah, dinding rumah, area shower, dan countertops. Ketahanan terhadap goresan yang dimiliki ubin porselen juga cukup baik.

4. Ubin Marmer

Jenis ubin selanjutnya adalah ubin marmer. Ubin marmer terkenal dengan keawetannya dan memberikan kesan yang mewah pada rumah Anda. Bagi Anda yang menginginkan rumah dengan tampilan yang mewah dan elegan, maka ubin marmer adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Ubin marmer biasa digunakan sebagai pelapis dinding rumah. Warna yang terdapat pada ubin marmer pun tampak natural. Karakteristik lainnya adalah ubin marmer mempunyai kesan mengkilap dan dapat menyerap cairan dengan cepat. Banyaknya ciri khas tersebut menjadikan harga ubin marmer menjadi cukup mahal. Selain itu, harga yang relatif mahal tersebut juga dikarenakan ubin marmer terbentuk dari proses alam dengan proses yang cukup lama.

Ubin marmer menjadi ubin yang sering dipilih orang karena motif dan warnanya yang beragam. Dengan banyaknya motif dan warna, Anda juga bisa membuat desain dengan pola yang menyambung pada lantai Anda dengan menggunakan ubin marmer. Kelebihan ubin marmer yang lainnya adalah ubin marmer dapat menahan api dengan baik. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah ubin marmer tidak dapat digunakan untuk area luar rumah karena dapat berjamur dan warnanya akan pudar apabila terkena sinar matahari.
 

5. Ubin Batu Alam

Ubin batu alam biasa digunakan untuk rumah dengan konsep natural. Beberapa jenis batu alam yang digunakan sebagai ubin antara lain kobel, andesit, granit, gamping, basal, dan lain sebagainya. Karena terbuat dari bahan yang alami tanpa material lain, maka tidak heran apabila harga ubin ini terkesan mahal. Ubin batu alam memiliki karakteristik yang khas dan terkesan estetik. Kelebihan dari ubin batu alam adalah dapat ditempatkan di mana saja, baik di dalam maupun di luar rumah. Beberapa area tersebut adalah garasi, teras, perapian, pagar rumah, hingga area dalam rumah seperti kamar mandi, dapur, bahkan ruang keluarga.

Apabila Anda ingin menggunakan jenis ubin ini, maka Anda membutuhkan bantuan tukang yang biasa memasangnya. Karena perbedaan pemasangan akan menimbulkan kesan yang berbeda pula. Kemudian untuk perawatan, Anda juga harus dapat merawatnya dengan baik, terlebih apabila ubin tersebut digunakan di luar rumah. Apabila ada kotoran, maka cara yang tepat untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Hal itu dilakukan agar ubin terhindar dari goresan. Anda juga dapat menggunakan sikat halus untuk menghilangkan noda serta sabun untuk mempermudah proses pembersihan.

Nah, itulah beberapa jenis ubin yang biasa dipilih dan digunakan kebanyakan orang. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Semoga informasi di atas dapat berguna dan menjadi inspirasi bagi Anda, ya. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *