MP News, Makmur Property, Berita Properti, Artikel Properti, Media Properti, Tips Bikin Kolam Ikan di Rumah

Mpnews.makmurproperty.com 12/10/2021, 14.30 WIB

Penulis: Kunanti Windu Palupi | Editor : Tim MP News

 

Malang, mpnews.makmurproperty.com – Salam. Ingin rumah sobat faMP terasa lebih asri dan lebih alami? Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan menambahkan kolam ikan. Suara gemericik air mancur, beragam tanaman di area kolam, hingga warna warni ikan, tentu akan membuat hunian Anda menjadi makin asri dan estetik.

Apalagi sobat faMP bisa menikmati waktu dengan nongkrong dan bersantai di pinggir kolam ikan sambil ngopi dan menikmati pemandangan kolam. Bahkan nggak ada salahnya jika sobat faMP membuat suasana kerja baru dengan berkerja di dekat area kolam, pasti lebih fresh dan lebih menyenangkan bukan?

Sobat faMP tertarik untuk membuatnya? Caranya mudah kok, bahkan bisa dilakukan oleh pemula. Simak 9 hal berikut sebelum sobat faMP memutuskan untuk membuat kolam ikan :

1. Lokasi Kolam Ikan

Faktor pertama yang harus diperhatikan yaitu lokasi kolam. Letakkan kolam ikan pada tempat yang tidak mengganggu akses keluar masuk penghuni rumah. Baru kemudian sobat faMP bisa mempertimbangkan faktor estetikanya. Sobat faMP bisa bangun kolam ikan di depan rumah dekat pintu masuk sebagai elemen dekorasi untuk menyambut tamu. Sementara itu, jika Anda ingin menjadikan kolam ikan sebagai tempat yang privat, tempatkan di halaman belakang rumah. Bila memungkinkan, kolam ikan juga bisa ditaruh di tengah rumah sebagai foyer yang memberikan efek dramatis dan asri di dalam rumah.

2. Ukuran Kolam Ikan

Faktor kedua yang sangat penting dalam membuat kolam ikan yaitu ukuran kolam yang proporsional. Sesuaikan bentuk dan ukuran kolam dengan lahan yang tersedia. Jangan memaksakan ukuran dan bentuk kolam, karena justru akan mengurangi nilai estetikanya. Saat ini tersedia beragam referensi bentuk kolam ikan di internet. Bila lahan yang tersedia untuk kolam tidak terlalu besar, pilih model persegi atau persegi panjang. Model kolam seperti ini akan ideal untuk digunakan di situasi tersebut. Namun jika sobat faMP memiliki lahan kosong yang luas, tidak ada salahnya untuk memilih model kolam ikan berbentuk bundar, angka delapan maupun abstrak.

Baca Juga : 4 Langkah Membuat Ruang Makan Terbuka

3. Desain Kolam Ikan

Dalam membuat desain kolam tentunya berkaitan dengan lahan serta ukuran kolam yang akan dibuat. Membuat kolam ikan yang sesuai dengan konsep dan tema rumah juga akan membuat rumah sobat makin estetik dan serasi.

4. Bahan dan Material Kolam

Agar kolam ikan sobat faMP memiliki nilai estetika yang tinggi, maka bisa ditambahkan material lain seperti batu alam hingga keramik. Tentunya dengan penggunaan material yang tepat, tampilan kolam ikan bisa disulap menjadi minimalis, elegan bahkan mewah.

Baca Juga : Tanda Rumah Anda perlu Direnovasi

 5. Sistem Pengairan dan Filter yang Optimal

Agar kolam ikan tetap bersih dan ikan tetap sehat, tambahkan filter air. Dengan adanya filter yang optimal maka oksigen dan nutrisi ikan akan terpenuhi. Gunakan pompa air yang daya dan tekanannya sesuai dengan ukuran kolam, serta jumlah ikan yang ada. Jangan lupa pilih juga filter yang efektif menyaring kotoran dan menjaga air tetap jernih. Kolam ikan tanpa filter justru akan membuat sobat faMP kerepotan sendiri dalam membersihkannya.

 6. Lubang Pembuangan

Sobat faMP perlu membuat dua lubang pembuangan di kolam ikan. Lubang pertama diletakkan di dasar kolam bagian tengah dan fungsi lubang ini untuk membuang air saat kolam akan dibersihkan. Sementara lubang kedua diletakkan di bagian atas kolam dan fungsinya adalah untuk membuang air jika Anda lupa mematikannya saat mengisi air kolam.

 7. Binatang yang Dipelihara

Setelah kolam ikan selesai dibuat, sobat faMP bisa memilih jenis ikan apa yang akan dipelihara. Tentunya semua bergantung pada selera Anda.

8. Elemen Dekoratif dan Aksesoris Pelengkap Lainnya

Untuk menambah keindahan kolam ikan, sobat faMP bisa menambahkan elemen dekorasi dan aksesoris pelengkap lainnya. Seperti tanaman air, berbagai patung, guci air atau bahkan air mancur dengan bentuk yang menarik. Di sini sobat faMP bisa berkreasi dan menambahkan elemen dekoratif sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga : Fungsional dan Estetis, Berikut 7 Ide Aksesoris Untuk Interior Rumah Anda

9. Perawatan Kolam

Faktor penting terakhir yang perlu diperhatikan yaitu perawatan kolam. Setelah kolam ikan bisa digunakan jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara berkala ya sobat faMP. Agar kolam selalu terlihat bersih, rapi dan ikan-ikannya tetap sehat.

9 hal diatas perlu sobat faMP perhatikan ketika akan membuat kolam ikan. Gimana sobat faMP, mau langsung dipraktekin bikin kolam ikan nih? Selamat mencoba dan selamat berkreasi. Salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Referensi :
https://www.99.co/blog/indonesia/membuat-kolam-ikan/

https://www.suara.com/lifestyle/2021/09/03/095929/ingin-membuat-kolam-ikan-di-rumah-ini-6-hal-yang-perlu-diperhatikan?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *