Tips Renovasi Rumah, Tips Renovasi Dapur, Tips Renovasi Kamar Tidur, Tips Renovasi Rumah Tua,

Renovasi rumah, rumah direnovasi, tips renovasi rumah, renovasi dapur, renovasi kamar

Mpnews.makmurproperty.com 31/05/2020, 16.10 WIB

Penulis: Dian Suhaili | Editor : Tim MP News

 

Malang, Mpnews.makmurproperty.com Salam. Halo kawan-kawan MP News yang mbois, sehat-sehat, kan? Hehee. Ketika membangun rumah, tentunya kita memilih desain yang seapik mungkin agar kita betah dan nyaman menempatinya. Namun, tinggal di rumah dengan desain yang sama selama bertahun-tahun akan membuat penghuninya merasa jenuh dan bosan. Tidak hanya jenuh dan bosan, seiring berjalannya waktu, keindahan dan fungsi rumah akan mengalami penurunan.  Untuk mengatasi rasa jenuh dan bosan, solusinya adalah renovasi. Renovasi yang mempunyai arti perbaikan juga dapat mengembalikan keindahan rumah dan fungsi rumah sebagaimana pada awal rumah berdiri. Lalu, bagaimana tandanya apabila rumah Anda perlu direnovasi? Berikut jawabannya.

Tips Renovasi Rumah, Tips Renovasi Dapur, Tips Renovasi Kamar Tidur, Tips Renovasi Rumah Tua,
Sumber: instagram.com/fifimakmurproperty

TANDA-TANDA RUMAH PERLU DIRENOVASI

Berikut adalah tanda-tanda apabila rumah Anda perlu direnovasi, yaitu:

1. Warna Cat Mulai Pudar

Cat pada tembok rumah Anda menjadi tanda utama rumah Anda membutuhkan renovasi. Seiring berjalannya waktu, apalagi karena cuaca yang ekstrem, cat pada tembok Anda akan mulai pudar, luntur atau bahkan terkelupas. Cat yang pudar dan luntur dapat menjadi awal tembok Anda akan mengalami keretakan dan muncul bercak nantinya. Hal ini dikarenakan tembok telah kehilangan pelindungnya yaitu cat. Cat yang mulai pudar dan luntur dapat menjadi sinyal bahwa rumah Anda perlu direnovasi.

Tips Renovasi Rumah, Tips Renovasi Dapur, Tips Renovasi Kamar Tidur, Tips Renovasi Rumah Tua,
Sumber: instagram.com/fifimakmurproperty

2. Adanya Bercak dan Keretakan di Tembok

Tembok atau dinding adalah salah satu bagian rumah yang mempunyai tanda secara jelas apabila rumah membutuhkan renovasi. Tanda tersebut dapat berupa munculnya bercak dan keretakan. Bercak pada tembok dapat memengaruhi tampilan rumah Anda. Bercak yang terdapat di tembok dapat berasal dari rembesan air yang berasal dari atap rumah. Bercak tersebut dapat muncul di mana saja, baik di kamar mandi, dapur, ruang tamu, hingga kamar tidur. Rembesan air yang tidak segera Anda tangani dapat merembet dan mengenai perabot Anda. Oleh karena itu, sebelum kerugiannya semakin besar akan lebih baik apabila Anda segera melakukan renovasi rumah Anda.

Tips Renovasi Rumah, Tips Renovasi Dapur, Tips Renovasi Kamar Tidur, Tips Renovasi Rumah Tua,
Sumber: instagram.com/fifimakmurproperty

Sama seperti bercak, keretakan pada tembok juga dapat memengaruhi tampilan rumah Anda. Penyebab keretakan pada tembok dapat dikarenakan adanya unsur-unsur pembentuk plester yang tidak teraduk rata. Tembok yang mengalami keretakan tidak boleh Anda sepelekan begitu saja karena lama kelamaan dapat berisiko menyebabkan keruntuhan pada rumah Anda.

3. Mulai Tidak Nyaman

Anda perlu melakukan renovasi rumah Anda apabila Anda mulai merasakan ketidaknyamanan di rumah Anda. Salah satunya adalah kamar mandi. Salah satu ruangan yang paling esensial di dalam rumah adalah kamar mandi. Jika Anda mulai merasakan ketidaknyamanan ketika menggunakan kamar mandi, maka perlu bagi Anda untuk merenovasinya. Kamar mandi yang tidak berfungsi dengan baik akan mengganggu dan memengaruhi kegiatan sehari-hari Anda dan keluarga. Tanda yang jelas terlihat adalah adanya kebocoran baik di plafon dan saluran air hingga lantai yang retak. Jangan menyepelekan tanda-tanda tersebut, karena tanda-tanda tersebut lama kelamaan dapat berubah menjadi masalah yang cukup serius.

Selain kamar mandi, sirkulasi udara yang mulai buruk juga dapat menjadi penyebab ketidaknyamanan. Sirkulasi udara yang buruk akan membuat rumah menjadi pengap dan sumpek. Rumah yang sumpek juga dapat dikarenakan mulai banyaknya barang-barang yang ada di rumah Anda. Sebenarnya, barang-barang yang mulai banyak tersebut dapat disiasati dengan melakukan penataan ulang. Namun, jika penataan ulang tidak berhasil, maka artinya Anda membutuhkan ruang tambahan untuk menyimpan barang-barang Anda tersebut. Ruang tambahan dapat Anda peroleh dengan cara renovasi.

Tips Renovasi Rumah, Tips Renovasi Dapur, Tips Renovasi Kamar Tidur, Tips Renovasi Rumah Tua,
Sumber: instagram.com/fifimakmurproperty

4. Rumah dan Interior Ketinggalan Zaman

Tanda ini dapat dialami bagi Anda pemilik rumah warisan. Rumah warisan yang turun menurun mungkin sudah berdiri selama bertahun-tahun lamanya bahkan hingga puluhan tahun. Karena sudah berdiri selama puluhan tahun, maka tidak heran jika desain rumah dan interiornya mengikuti zaman pada saat rumah berdiri. Perubahan zaman pun menuntut adanya renovasi agar rumah yang Anda tempati tidak lagi terlihat jadul dan terlihat kekinian. Anda dapat mendesain ulang rumah dengan mengikuti konsep yang berkembang di zaman sekarang. Mengenai interior, Anda dapat meng-upgrade perabotan yang dirasa ketinggalan zaman. Mendesain ulang rumah dan meng-upgrade perabotan dapat menambah kenyamanan penghuninya juga menambah nilai hunian.

Apakah Anda sedang mengalami tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas? Jika iya, mungkin sudah waktunya Anda melakukan renovasi untuk rumah Anda. Segera siapkan dana dan semangat untuk melakukan renovasi, ya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda, ya. Selamat berkreasi, salam satu bangsa dan pastinya NKRI harga mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *